Skip navigation

ASAL MUASAL INTAN/BERLIAN

Mendengar kata intan atau berlian, telinga kaum wanita pasti langsung mengiriimkan sinyal ke otak kemudian ke mata untuk kemudian mencari tahu untuk hanya sekedar dapat melihat dan kalau memang uang di kantong cukup, maka wanita pasti akan berusaha untuk dapat memiliki intan/berlian itu. Sejak dulu berlian memang dikenal sebagai bahan yang berasal dari alam yang menjadi perhiasan buat kaum wanita yang bernilai tinggi, bahkan perusahaan distributor berlian ternama di dunia membuat trademark berlian sebagai sesuatu yang abadi.

Pernahkah kita sebelumnya tahu asal muasal intan/berlian itu?? Kali ini kami akan memberikan sedikit informasi yang kami sadur dari beberapa referensi mengenai seluk beluk intan/berlian.

Intan termasuk dalam kelompok bahan galian yang terbentuk secara alami di kedalaman tertentu dari permukaan bumi, termasuk dalam kelompok mineral Carbon sebagai mineral utama penyusun intan (diamond).

Mineral Carbon terdapat di alam dengan 3 bentuk dasar, yaitu sebagai :

  1. Diamond (Intan)- Sangat Keras, dengan kristal (berwarna) jernih
  2. Graphite– Lunak, berwarna hitam, tersusun dari (unsur) carbon murni, struktur molekulernya tidak padat sekuat diamond (intan), hal tersebutlah yang menjadikan graphite lebih lunak dibandingkan diamond.
  3. Fullerite, merupakan mineral yang terbuat dari molekul yang berbentuk bulat sempurna yang tersusun dari 60 atom Carbon

Intan terbentuk pada kedalaman 100 mil (161 Km) di bawah permukaan bumi, pada batuan yang cair pada bagian mantel bumi yang memiliki temperature dan tekanan tertentu yang memungkinkan untuk merubah (mineral) carbon menjadi intan

Tempat Pembentukan Intan

Tempat Pembentukan Intan

Kebanyakan intan yang kita temukan sekarang merupakan hasil pembentukan proses jutaan-milyar tahun yang lalu, erupsi magma yang sangat kuat membawa intan-intan tersebut ke permukaan, membentuk pipa kimberlite, penamaan kimberlite berasal dari penemuan pertama pipa tempat intan berada tersebut di daerah Kimberley, Afrika Selatan.

Pipa Kimberlite

Pipa Kimberlite

Intan juga dapat ditemukan di dasar sungai sebagai endapan yang kita sebut sebagai endapan intan alluvial, pada dasarnya intan type alluvial juga berasal dari pipa Kimberlite purba yang kemudian mengalami proses geologi lanjutan berupa pengangkutan oleh air atau glacier yang berlangsung pada jutaan-milyar tahun yang lalu, sehingga intan-intan yang berasal dari pipa kimberlite tersebut terbawa bermil-mil jauhnya dari tempat asalnya dan kemudian terendapkan di dasar sungai.

Intan ditemukan di alam dalam bentuk batu yang masih kasar, sehingga harus melalui beberapa proses terlebih dahulu agar tercipta sebagai perhiasan yang berkilau untuk kemudian menjadi barang yang komersil.

Rough Diamond in Natural Form

Rough Diamond in Natural Form

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: